Pendapat Tokoh Tentang Management Skill


Dalam ilmu sosial sering kali terjadi beberapa opini tentang pendifinisian atau pun pemahaman tentang suatu kalimat, begitu juga dalam hal Management dan organisasi, dalam penafsirannya pun dapat berbeda-beda meski sebenernya memilikian tujuan yang sama yaitu untuk mencapai tujuan secara indvidu atau kelompok.

Berikut ini ada beberapa pendapat tokoh tentang Management Skill yang saya kutip dari beberapa situs :

Menurut Yukl (1996: 14) menyatakan keterampilan dapat dikatagorikan sebagai berikut:

  1. Kemampuan teknis (technical skill) yang mencakup: a) menguasai pengetahuan tentang metode, proses, prosedur dan teknik untuk melaksanakan kegiatan khusus dan kemampuan untuk menggunakan alat-alat dan peralatan yang relevan bagi kegiatan tersebut, b) kemampuan untuk memanfaatkan serta mendayagunakan sarana dan peralatan yang diperlukan dalam mendukung kegiatan yang bersifat khusus
  2. Kemampuan untuk melakukan hubungan antar pribadi (human skill) yang meliputi: a) kemampuan untuk memahami perilaku manusia dan proses kerjasama, b) kemampuan untuk memahami isi hati, sikap dan motif orang lain, mengapa mereka berkata dan berperilaku, c) kemampuan untuk berkomunikasi secara jelas dan efektif, kemampuan menciptakan kerjasama yang efektif, kooperatif, praktis dan diplomatis, d) mampu berperilaku yang dapat diterima.
  3. Kemampuan konseptual (conceptual skill) dalam hal: a) kemampuan analisis, b) kemampuan berpikir sosial, c) ahli atau cakap dalam berbagai macam konsepsi, d) mampu menganalisis berbagai kejadian, mampu memahami berbagai kecenderungan, e) mampu mengantisipasikan perintah, f) mampu mengenali macam-macam kesempatan dan problem-problem sosial.

Sumber : http://kabar-pendidikan.blogspot.com/2011/05/tugas-dan-keterampilan-manajer.html

Robert L. Katz pada tahun 1970-an mengemukakan bahwa setiap manajer membutuhkan minimal tiga keterampilan dasar.[14] Ketiga keterampilan tersebut adalah:

1.       Keterampilan konseptual (conceptional skill)

Manajer tingkat atas (top manager) harus memiliki keterampilan untuk membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan organisasi. Gagasan atau ide serta konsep tersebut kemudian haruslah dijabarkan menjadi suatu rencana kegiatan untuk mewujudkan gagasan atau konsepnya itu. Proses penjabaran ide menjadi suatu rencana kerja yang kongkret itu biasanya disebut sebagai proses perencanaan atau planning. Oleh karena itu, keterampilan konsepsional juga meruipakan keterampilan untuk membuat rencana kerja.

2. Keterampilan berhubungan dengan orang lain (humanity skill)

Selain kemampuan konsepsional, manajer juga perlu dilengkapi dengan keterampilan berkomunikasi atau keterampilan berhubungan dengan orang lain, yang disebut juga keterampilan kemanusiaan. Komunikasi yang persuasif harus selalu diciptakan oleh manajer terhadap bawahan yang dipimpinnya. Dengan komunikasi yang persuasif, bersahabat, dan kebapakan akan membuat karyawan merasa dihargai dan kemudian mereka akan bersikap terbuka kepada atasan. Keterampilan berkomunikasi diperlukan, baik pada tingkatan manajemen atas, menengah, maupun bawah.

3. Keterampilan teknis (technical skill)

Keterampilan ini pada umumnya merupakan bekal bagi manajer pada tingkat yang lebih rendah. Keterampilan teknis ini merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu, misalnya menggunakan program komputer, memperbaiki mesin, membuat kursi, akuntansi dan lain-lain.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen

Menurut Marcia J. Simmering adalah
1.       Keterampilan Teknis

Keterampilan teknis melibatkan pemahaman dan menunjukkan kemahiran dalam aktivitas di tempat kerja tertentu. Keterampilan teknis adalah hal-hal seperti menggunakan perangkat lunak  pengolah kata, membuat anggaran, operasi sebuah mesin, atau mempersiapkan presentasi. Keterampilan teknis yang digunakan akan berbeda di setiap tingkat manajemen.Manajer tingkat pertama terlibat dalam operasi-operasi nyata organisasi, mereka harus memiliki pemahaman tentang bagaimana produksi dan jasa terjadi dalam organisasi dalam rangka untuk mengarahkan dan mengevaluasi jajaran karyawan. Selain itu, manajer tingkat pertama perlu keahlian dalam penjadwalan pekerja dan mempersiapkan anggaran. Manajer tengah menggunakan keterampilan yang lebih teknis berkaitan dengan perencanaan dan pengorganisiran, dan manajer puncak perlu memiliki keterampilan untuk memahami cara kerja keuangan yang kompleks dari organisasi.
2.       Keterampilan Interpersonal
Keterampilan interpersonal melibatkan hubungan manusia, atau kemampuan manajer untuk berinteraksi secara efektif dengan anggota organisasi. Komunikasi adalah bagian paling penting dari keterampilan interpersonal, dan ketidakmampuan untuk berkomunikasi secara efektif dapat mencegah kemajuan karir bagi para manajer. Manajer yang memiliki keterampilan teknis yang sangat baik, tapi miskin keahlian interpersonal tidak akan berhasil dalam pekerjaan mereka. Keterampilan ini sangat penting pada semua tingkat manajemen.
3.        Keterampilan Konseptual
Keterampilan konseptual adalah kemampuan manajer untuk melihat organisasi secara keseluruhan, sebagai entitas yang lengkap. Ini melibatkan memahami bagaimana unit-unit organisasi bekerja sama dan bagaimana organisasi masuk ke dalam lingkungan kompetitif. Keterampilan konseptual sangat penting untuk manajer puncak, yang memiliki kemampuan untuk melihat “gambaran besar” yang dapat memiliki dampak besar terhadap keberhasilan bisnis. Namun, keterampilan konseptual masih diperlukan untuk manajer tingkat menengah dan pengawasan, yang harus menggunakan keahlian ini untuk membayangkan, misalnya, bagaimana unit kerja dan tim terorganisir dengan baik.
Sumber :
http://www.iyank4.com/index.php/2011/03/lima-5-keterampilan-manajerial-yang-wajib-dimiliki/
 http://www.referenceforbusiness.com/management/Log-Mar/Management-Levels.html
 

Itu semua hanyalah sebuah rujukan, tergantung dari masing-masing orang dalam memahaminya.

About these ads

2 responses to “Pendapat Tokoh Tentang Management Skill

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s