ERD (Entity Relations Diagram)


ERD (Entity Relation Diagram) atau dalam bahasa Indonesia adalah Diagram Hubungan Entitas dalam wikipedia memiliki arti seperti berikut merupakan model data berupa notasi grafis dalam pemodelan data konseptual yang menggambarkan hubungan antara penyimpan. Model data sendiri merupakan sekumpulan cara, peralatan untuk mendeskripsikan data-data yang hubungannya satu sama lain, semantiknya, serta batasan konsistensi. Nah dalam arti entitas adalah sebuh model/gambaran /diaram yang menggambarkan suatu hubungan terhadap model yang satu dengan model yan lain yang salin memiliki keterkaitan. Nah yang jadi pertanyaan buat apa itu ERD???

ERD sendiri erat hubungannya dalam dunia manajemen basis data,  merupakan suatu rancangan menjadi salah satu kunci untuk menentukan menajemen tabel untuk terciptanya sebuah tabel yang normal dan seefisien mungkin  serta terbebas dari ambiguity(memiliki atribut yang kembar) dari suatu kasus.

Beberapa istilah dalam perancangan tabel

Entitas

Menurut wikipedia adalah suatu objek yang dapat didefinisikan dalam lingkungan pemakai, sesuatu yang penting bagi pemakai dalam konteks sistem yang akan dibuat. Bagaimana anda paham? atau mungkin dalam kasus nyata dapat kita simpulkan entitas adalah suatu tempat yang berisi beberapa attribute yang menjadi suatu informasi atau kunci dari entitas tersebut ke entitas yang lain, misal entitas adalah mahasiswa,matakuliah atau dapat diangap suatu tabel.

Attribute 

Menurut wikipedia Entytas mempunyai elemen yang disebut atribut, dan berfungsi mendekripsikan karakter dari entitas. Atribut adalah properti atau karakteristik yang dimiliki oleh suatu entitas dimana properti atau karakteristik itu bermakna atau berarti bagi organisasi atau perusahaan, misalnya untuk pencatatan data pegawai di suatu instansi, entitas pegawai mungkin memiliki atribut-atribut nomor induk pegawai, nama, alamat, nomor telepon, gaji pokok dan lainnya. Setiap diagram hubungan entitas bisa terdapat lebih dari satu atribut. Saya rasa itu cukup jelas attribute bisa di anggap juga judul kolom dari suatu tabel. Nah salah satu dari beberapa attribut pada suatu tabel paling tidak harus mempunyai index, nah index ini ada bermacam-macam yaitu primary key, foreign key, unique dll.

Hubungan Relasi/Kardinalitas

Dapat di artikan bahwa dari beberapa tabel yang berada di database paling tidak memiliki hubungan yang berkaitan untuk menghasilkan kriteria informasi yang diharapkan, nah dalam tiap relasi tabel tersebut memiliki jenis masing-masing antar lain one-to-many,one-to-one,many-to-many dan many-to-one penentuan jenis tersebut berdasarkan dari hubungan antar entitas atau tabel tersebut, berikut pengertiannya

a. One To One
yang dimaksud dengan relasi one to one adalah suatu hubungan dimana entitas pertama hanya mempunyai 1 hubungan pada entitas kedua. contoh : 1 KTP hanya untuk 1 orang. tidak pernah mungkin 1 KTP bisa dimiliki banyak org
b. One To Many
yang dimaksud dengan relasi one to many adalah suatu hubungan dimana 1 entitas pertama bisa mempunyai banyak hubungan pada entitas kedua. contoh : 1 komputer di labkom bisa di gunakan untuk banyak siswa.
c. Many To One
Relasi many to one merupakan kebalikan dari relasi “one to many”. contoh : banyak murid hanya mempunyai 1 wali kelas
d. Many To Many
yang dimaksud dengan relasi many to many adalah setiap entitas pertama dapat mempunyai banyak hubungan pada entitas yang kedua. begitu juga sebaliknya, setiap entitas yang kedua bisa memiliki banyak hubungan pada entitas pertama.

kutipan teman

Namun dalam perancangan database pun tidak cukup sampai di situ karena masih ada beberapa tahapan yang harus dipehuni salah satunya adalah normalisasi dimana langkah ini akan sangat penting dan sangat menentukan apakah database kita itu benar efisien berikut pengertian

NORMALISASI

Normalisasi adalah suatu teknik untuk mengorganisasi data ke dalam tabel-tabel  untuk memenuhi kebutuhan pemakai di dalam suatu organisasi.

Tujuan Normalisasi

  •  Untuk menghilangkan kerangkapan data
  • Untuk mengurangi kompleksitas
  •   Untuk mempermudah pemodifikasian data

itu adalah pengertian secara umum untuk lebih jelaskan silahkan anda pelajari sendiri secara detail pada ebook ini, nah setelah paham mempelajarinya perlu diingat bahwa proses normalisasi ini pada umumnya dilakukan setelah mengetahui relasi antar entitas dan telah di ketahui attribut-attribut dari suatu entitas.

Mungkin cuma itu saja pembahasan saya mengenai ERD semoga bermanfaat, dan apabila ada kekurangan mohon maaf,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s